Rabu, 10 Oktober 2012

Tugas FAAL II

  1. Apa yang di maksud dengan otot ?
Jawab :
Otot adalah Sebuah jaringan konektif dalam tubuh yang tugas utamanya kontraksi. Kontraksi otot di gunakan untuk memindahkan bagian-bagian tubuh & substansi dalam tubuh.

  1. Ada berapa jenis otot ?
Jawab :
Berdasarkan jaringan otot di bagi menjadi :
-          Otot polos
-          Otot lurik
-          Otot jantung
Berdasarkan kecepatan kontraksinya otot di bagi menjadi :
-          Otot lambat
-          Otot cepat

  1. Apa fungsi otot ?
Jawab :
Otot mempunyai tiga fungsi pokok utama yaitu :
-          Fungsi gerak
Terdiri dari gerak bentuk lokomosi (berpindah tempat), bagian gerak bagian tubuh, perubahan ukuran tabung, misalnya dorongan terhadap darah yang melalui arteri karena dorongan jantung atau lewatnya makanan melalui saluran pencernaan makanan karena lambung dan usus kontraksi. Lokomosi artinya penyesuaian diri terhadap lingkungannya.

-          Fungsi dalam pemeliharaan postur tubuh.
Kontraksi parsial beberapa otot kerangka dilanjutkan serempak sehingga memungkinkan kita untuk berdiri, duduk atau dalam bentuk posisi lain.

-          Fungsi sebagai penghasil panas tubuh.
Perubahan kimia yang terjadi dalam kegiatan otot menghasilkan panas yang cukup untuk memelihara panas tubuh.

  1. Apa yang menyebabkan otot bisa berkontraksi ?
Jawab :
Otot bisa berkontraksi karena adanya protein kontraktil. Protein kontraktil ini terdiri dari filamen tipis dan filamen tebal. Filamen tipis terdiri dari aktin, tropomiosin dan troponin sebagai satu kesatuan unit fungsional. Filamen tebal terdiri dari miosin dan beberapa jenis protein lainnya (misalnynya C – Protein )

  1. Apa yang membedakan otot untuk lari jarak pendek dan lari jarak jauh?
Jawab :
Yang membedakan antara otot untuk lari jarak pendek dan lari jarak jauh adalah kecepatan kontraksi otot nya. Berdasarkan kecepatannya otot di bagi menjadi otot lambat dan otot cepat. Pada otot cepat mempunyai aktifitas ATP ase mitokondria yang tinggi, mendapatkan persyarafan dari motorneuron yang kasar dan cepat lelah. Sebaliknya pada otot lambat aktifitas ATP ase mitokondria lambat, mendapatkan persyarafan dari motor neuron yang lembut dan tidak cepat lelah. Otot yang banyak mengandung serabut cepat b berfungsi untuk beradaptasi dengan gerakan yang cepat dan kuat, misalnya melompat dan lari 100 m atau lari cepat. Sedangkan tipe lambat berfungsi untuk mengatur kontraksi yang lama dan berkelanjutan seperti menyokong berat badan melewati gravitasi dan lari jarak jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar